Selasa, Juli 22, 2008

contoh instrumen penelitian

PERSETUJUAN INSTRUMEN PENELITIAN IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN TEKNIK INQUIRY SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta) Diajukan Oleh : HEMA NUR FARIDA A410040139 Telah Disetujui oleh : Pembimbing I Pembimbing II Drs. Sumardi, M.Si Dra. Ning Setyaningsih, M.Si Pedoman Observasi Implementasi Improving Learning dengan Teknik Inquiry sebagai Usaha untuk Meningkatkan Keaktivan Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008) Nama Guru : Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran : Pokok Bahasan : Sub Pokok Bahasan : Hari/Tanggal : Jam ke- : Jumlah Siswa yang Hadir : I. Tindak Mengajar No. Komponen Aspek yang Diamati Skor Pendahuluam 4 3 2 1 1. Memotivasi siswa - menjelaskan tujuan pembelajaran - menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilakukan/mengingatkan materi sebelumnya. Kegiatan Inti 2. Merumuskan masalah - siswa bersama guru merumuskan masalah dari materi yang akan dipelajari. 3. Observasi dalam rangka pengumpulan data - guru memberikan pertanyaan pancingan agar siswa tergerak untuk melakukan observasi - mengarahkan siswa untuk mencari data dari buku atau sumber lain. - Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada guru dalam rangka pengumpulan data. 4. Menganalisis dan mengajukan dugaan. - Siswa membuat hipotesis atau dugaan sementara. 5. Mengkomunikasikan hasil dugaan atau hipotesis - Beberapa siswa menyampaikan pendapat kepada teman-temanya. - Memebri kesempatan kepada siswa lain untuk memberi tanggapan. 6. Pengumpulan fakta - Siswa mendata fakta-fakta yang didapat dari hasil pembelajaran. Penutup 7. Kesimpulan - siswa diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari - memberikan pekerjaan rumah kepada siswa. Keterangan : 4 : Selalu 3 : Kadang-kadang 2 : Jarang 1 : Tidak pernah Pengamat , ……………………. II. TINDAK BELAJAR No. Indikator Keaktifan Kode Tempat Duduk Jumlah 1. Menjawab pertanyaan 2. Mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan 3. Berani maju di depan kelas 4. Mengerjakan soal latihan 5. Siswa yang lulus Keterangan tambahan : Pengamat , ……………………. CATATAN LAPANGAN IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN TEKNIK INQUIRY SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008) Satuan Pendidikan/Kelas : Mata Pelajaran : Pokok Bahasan : Sub Pokok Bahasan : Diamati Hari/Tanggal : Jam Pelajaran ke- : Jumlah Siswa yang Diamati : A. TINDAK MENGAJAR ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................. B. TINDAK BELAJAR .......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... Peneliti, ....................................

Tidak ada komentar: